Setya Budya Angkese dur Angkara

Ngèlmu iku kalakoné kanthi laku
Lekasé lawan kas
Tegesé kas nyantosani
Setya budya pangekesé dur angkara

ARJUNA NGELMU KASUNYATAN

Artinya,
Ilmu itu bermanfaat apaibila dilaksanakan,
Dimulai dengan kemauan,
Kemauan untuk menyejahterakan sesama manusia,
Tabah berbudi daya, menaklukan semua angkara.
(Pupuh Pucung, Bait I)

Berasal dari Serat Wedhatama karya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV. Serat ini dianggap sebagai salah satu karya puncak estetika sastra jawa abad ke-19 dan memiliki karakter mistik yang kuat. Penyanyi fenomenal Gombloh pernah mengutip dua bait dari Serat ini dalam komposisi lagunya.

Kata-kata ini adalah salah satu dari warisan budaya yang diberikan oleh leluhur-leluhur masyarakat jawa. Sedikit pengetahuan, bahwa pada zaman dahulu Jawa bukanlah sekedar bahasa yang saat ini kita alami. Jawa adalah konsep besar sebuah peradaban. Lambang dari kemajuan budaya. Buktinya, Jawa sudah mempunyai konsep sikap, perilaku, bahasa dan unggah-ungguh yang diajarkan secara turun-temurun.

Kadangkala manusia luput dan hilang akan ilmunya karena tidak dimanfaatkan. Bukan karena lupa, Hanya saja karena tidak dimanfaatkan, dipakai, atau paling tidak disebarkan. Bagaimana caranya? Di dalam serat kita membaca, Lekasé lawan kas (Dimulai dengan kemauan). Tanpa kemauan tentu kita tidak bisa memulai apa-apa. Kemauan apa? Kemauan untuk meyejahterakan umat manusia di dunia maupun akhirat.

Inilah kunci dari kesuksesan menyebarkan ilmu, yaitu Setya budya pangekesé dur angkara. Teguh, tabah, sabar dalam menghadapi berbagai cobaan dan tantangan.

Advertisements

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s