Jaga Kesehatan Kita di Depan Komputer!

Computer-Health-Software

Di Era yang serba canggih ini, Komputer tentu menjadi alat yang sangat diperlukan dalam setiap kegiatan maupun pekerjaan. Tugas, Pekerjaan, Mendesain dan lain-lain semuanya menggunakan komputer. Tetapi disamping itu, Komputer menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, Penggunaan yang baik sangat membantu mengurangi resiko gangguan kesehatan dari komputer. Berikut tips-tips yang bisa mengurangi resiko terkena gangguan kesehatan di depan Komputer.

1. Cara duduk yang benar

Picture1Untuk mengurangi resiko nyeri leher bahkan gangguan kesehatan tulang. Posisikan duduk anda di depan komputer dengan benar. Duduk dengan tegak dan posisikan kepala dan leher sejajar dengan tubuh. Gunakan kursi yang memiliki sandaran tinggi sehingga bisa mengistirahatkan badan ketika lelah.

2. Jaga kerapian dan kebersihan

152690-L
Kebersihan dan kerapian sangat perlu untuk memelihara kesehatan kita. Walaupun tidak memiliki resiko bahaya akan penyakit, akan tetapi kebersihan dan kerapian menimbulkan suatu budaya sehat yang sangat bermanfaat di semua tempat.

3. Perhatikan posisi layar monitor  dan kecerahanya

trik-mata-1
Agar mata kita tetap sehat, Sebaiknya atur letak monitor dan kecerahanya sesuai dengan kemampuan mata kita. Jarak monitor dengan mata pengguna yang standar adalah 40 – 60 cm. Jangan terlalu dekat, juga jangan terlalu jauh. Dan juga atur kemiringan layar sejajar dengan mata kita.

Begitu pula dengan kecerahan layar. Brightness dan kontras sesuaikan dengan kenyamanan mata kita. Karena perbedaan kemampuan mata kita relatif, tentu saja sebaiknya jangan terlalu terang dan tidak terlalu gelap.

4. Sediakan air putih ketika bekerja depan komputer

imagesTerlalu lama bekerja di depan komputer bisa menyebabkan dehidrasi.Untuk menanggulanginya, selalu sediakan air putih disamping anda untuk menghindari dehidrasi.

5. Gunakan mouse dan keyboard dengan benar

pic19169-300x260 compie posture1Tentu kita jarang mendengar Carpal Tunnel Syndrome atau CTS. Penyakit ini disebabkan oleh kesalahan tangan dalam beraktifitas sehingga menyebabkan adanya tekanan dalam saraf pergelangan tangan. Dan rata-rata penyakit ini disebabkan oleh kesalahan memegang mouse dan menggunakan keyboard.
Ketika menggunakan mouse usahakan menggunakan mousepad yang memiliki sandaran bagi telapak tangan juta. Jika tidak usahakan jangan terlalu menekan pergelangan tangan kita. Gejala awal dari penyaki ini adalah mati rasa di sekitar jari-jari, terutama ibu jari.

6. Istirahatlah secara teratur

13769211711764660706Ketika sudah merasakan lelah ataupun cepak, renggangkanlah otot-otot sekitar leher dan pundak. Berdiri dan berjalan-jalan sebentar untuk mengurangi kebosanan dan tingkat kelelahan mata. Lakukanlah setiap kali merasa capek dan lelah.

Itulah tips-tips yang sebaiknya kita lakukan di depan komputer. Selain menjaga kesehatan mata kita, juga untuk melatih umtuk berbudaya sehat. Keep Safety, Keep Healthy.

Advertisements

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s