Uitemate, Teknik Selamatkan Diri Ketika Tenggelam

20150727_123356_harianterbit_tenggelamApa yang anda lakukan jika tenggelam di samudra yang luas dan tidak punya kemampuan untuk berenang? Sebagian besar tentu tidak akan mengambil resiko apapun yang bisa menimbulkan kemungkinan seperti itu. Tapi kecelakaan bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. 

Perkenalkan, Nama tekniknya adalah Uitemate. Dalam bahasa jepang berarti “Bertahan Hidup dengan cara Mengapung dan Menunggu”. Teknik ini diperkenalkan kepada murid-murid berbagai SD di jepang sebagai pelajaran renang. Dan ternyata teknik sangat efektif untuk menyelamatkan diri ketika tenggelam.

Saat seseorang jatuh ke dalam air, reaksi spontan adalah berusaha untuk berenang walaupun ternyata ia tidak pandai berenang. Dengan spontan korban juga akan melambai-lambaikan tangannya sambil berteriak minta tolong, tangan yang mengarah ke atas sebenarnya malah akan membuat korban menjadi semakin mudah tenggelam.Tentunya tindakan ini salah. Yang harus dilakukan adalah berusaha agar tetap mengapung memakai teknik Uitemate dan tunggu hingga bantuan datang.

20140731_uitemate1

Berikut adalah teknik uitemate :

Pertama, Tenang dan santai, apabila Anda telah terjun ke dalam air, hal yang pertama perlu untuk dilakukan adalah bersikap tenang. Jangan panik, panik hanya akan membuat anda semakin tenggelam.

Kedua, rentangkan tangan dan kaki, usahakan setenang mungkin untuk tidur terlentang di air sambil merentangkan tangan dan kaki. Kurangi gerakan-gerakan yang bisa membahayakan diri Anda.

wpid-tips-tips-melakukan-uitemate-teknik-mengapung-dengan-benar

Ketiga, Pandangan menatap ke atas, untuk melancarkan sistem pernafasan Anda, hal yang dilakukan pada teknik satu ini adalah wajah dan pandangan mata menatap ke atas kemudian bernafas seperti biasa.

keempat, Teknik jika memakai sepatu, biarkan sepatu Anda terpasang, berat sepatu tersebut akan bisa membantu mengapung.

Kelima,Jika ada botol kosong di dekat Anda gunakan botol kosong tersebut untuk didekap pada atas dada Anda, hal ini akan semakin membantu proses mengapung.

Advertisements

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s