Konferensi Malah Jadi Ajang Evaluasi (Pengalaman Rangkaian Kegiatan IOSH Summit UNS – 4)

Konferensi berjalan alot, beberapa ada yang setuju dengan apa yag ditentukan panitia, beberapa ada yang mengevaluasi jalannya konferensi. Bahkan, ada yang mengevaluasi panitia mulai dari persiapan IOSH Summit hingga pelaksanaan acara. Sukses?IMG_0157

Selesai presentasi masih ada beberapa jam menuju Sholat Jum’at. Apa yang kami kerjakan? Tentu saja, cari kenalan dan komunikasi dengan teman – teman dari Universitas lain.

Sebelum itu, selama kegitan hari jum’at kami didampingi dosen kami Bu Eka Rosanti (Panggil saja Bu Eros) dengan suami serta putranya Dek Rafa. Selain hadir memberi dukungan tentu kami harus minta doa restu beliau agar semuanya lancar.

Selesai presentasi, saya dengan tim menunggu di ruang utama tempat pengarahan. Disana kami makan dan ngobrol dengan teman – teman universitas lain. LO sempat menawarkan untuk membelikan minuman, tentu saja. Jangan disia-siakan.

Mengenai LO, setelah saya menulis 3 edisi pertama banyak pembaca yang menanyakan LO itu apa. OK, saya sendiri kurang paham LO itu apa dari definisi hingga epistimologinya (cie, filsafat). Tapi yang saya tahu, LO bertugas sebagai pembimbing delegasi ataupun peserta dalam suatu kegiatan. LO singkatan dari Liasion Organizer.

LO kami? Pastinya saya kurang tahu. Tapi ada 3 orang yang berjasa dengan senang hati memberikan pelayanan antar-jemput (Walaupun termasuk akomodasi), membimbing ketika kegiatan, dsb. Mari kita kenang jasa – jasa mereka dengan menyebut nama mereka. Yang pertama mas Danu (driver yang ternyata bagian publikasi), mbak Rena (yang jadi dirigen), dan juga mbak Ranny (yang katanya Cheerleader walaupun kurang logis).

Mas Danu mengantar kami Sholat Jum’at selesai presentasi. Masjid yang digunakan untuk Sholat Jum’at adalah Masjid Nurul Huda. Masjid besar UNS yang digunakan untuk sholat jum’at.

Selesai Sholat Jum’at kami segera ke hotel untuk makan siang dan istirahat. Mencoba – coba delivery hotel. Makan dikamar sambil nonton TV, enak tho, rumangsamu. Kemudian kami istirahat untuk mempersiapkan diri konferensi malam.

Langsung saja, yang saya harapkan dari konferensi ini adalah, dibentuknya suatu ikatan khusus bagi seluruh K3 ataupun peminatnya di Indonesia. Kenyataanya adalah, Konferensi ini hanya ingin menghasilkan tema dan sub tema apa yang akan dibuat untuk IOSH Summit tahun depan. What? Sebagai peserta saya juga bingung, apa kepentingan saya repot-repot mengurusi tema untuk tahun depan.

Tapi, protes saya hanya tersimpan dalam hati. Kami tetap mengikuti kegiatan IOSH Summit dengan serius. Malahan, saya menawarkan diri menjadi notulis. Paling tidak, sebagai bentuk keseriusan kami dalam menjadi peserta konferensi.

IMG_0144  IMG_0146   IMG_0150

Moderatornya saya perkenalkan, sebelum dia menawarkan diri menjadi moderator, bahkan sebelum hari konferensi dimulai, kami sudah berkenalan dengannya. Namanya Mas Tio, yang belakangan saya tahu nama lengkapnya dari Facebook. Kemudian saya sendiri sebagai notulis. Dan time-keepernya namanya Mbak Ajeng. Hanya Time-Keeper yang tidak menawarkan diri, ia ditunjuk oleh moderator (Entah Kenapa).

Konferensi berjalan alot, beberapa ada yang setuju dengan apa yag ditentukan panitia, beberapa ada yang mengevaluasi jalannya konferensi. Bahkan, ada yang mengevaluasi mulai dari persiapan IOSH Summit hingga pelaksanaan acara. Sukses?

Jika menilai hasil dari konferensi itu sendiri, saya tidak bisa bilang sukses. Indikator belum tercapai, waktu sudah terbuang lama. Daripada diperpanjang, panitia langsung menuju pembacaan pemenang. Tanpa drumroll.

IMG_0184Dan hasilnya, Salah satu Tim UNIDA Gontor meraih juara 3 dalam kategori KTI. Juara 1 KTI nya dari UNS, sedangkan juara 2 nya dari UNY. Menjadi juara dalam lingkup nasional tentu sebuah kebanggan bagi kami. Maka Sujud Syukur segera kami lakukan. Di Masjid Rahmi tepatnya, sekalian Shalat Isya’.

Kesyukuran tidak sampai disitu saja. LO menawarkan untuk jalan – jalan ke Solo. sambil menikmati malam Sabtunya Solo. Tawaran baik jangan ditolak, toh kita punya pemenang yang siap menanggung keluarnya isi dompet.

Setelah shalat isya’ kami menuju hotel, ganti baju, dan langsung pergi bersama LO. Dibawa kemana? Entahlah, kita juga kurang tahu daerah Solo. Tuan rumah mengantarkan kami ke Kafe Mom Milk. Dilihat dari pengunjungnya, kafe ini lumayan ramai. Ramai, berarti enak.

IMG_0210

Setelah menikmati hidangan kafe, mengobrol dan bersantai, sudah waktunya untuk istirahat. Besok kami harus mengikuti seminar nasional K3 di UNS. Maka, tahu diri, tahu waktu, tahu kepentingan, segera pulang lalu istirahat.

Bersambung

Advertisements

4 thoughts on “Konferensi Malah Jadi Ajang Evaluasi (Pengalaman Rangkaian Kegiatan IOSH Summit UNS – 4)

  1. Halo, mas Evan dari UNIDA Gontor. Saya Muthia dari D4 K3 UNS, kebetulan kemarin jadi panitia IOSH, salam kenal. Cuma mau ninggalin jejak aja kalo udah mampir disini dan penasaran kenapa LO-LO pada sumringah habis rangkain acara IOSH. Oh ternyata disebut-sebut di blog masnya toh wkwk.

    Yah begitulah kurang-lebih dari kami mas, mohon maaf jk ada yg kurang berkenan. Tapi yg penting terimakasih sudah berkenan ikut serta dan jauh-jauh ke Solo, semoga gak kapok main kesini dan semoga event ini bisa memperhangat hubungan UNS dan UNIDA Gontor, khususnya K3 nya ya.(Atau mungkin sama salah satu LO kami wkwk)

    Ohya dan utk ikatan mahasiswa K3 Indonesia, setahu saya sudah ada IKAHIMAK3I yg kurang lebih sudah jalan 1 tahun terakhir.

    Dannnnn thanks buat masukannya 😉 Salam dari kampus Tirtomoyo D4 K3 FK UNS

    Liked by 1 person

    • Wah, Iya mbak, Salam Kenal juga. Nggak kapok kok main kesana. IKAHIMAK3I juga sudah diinformasikan sama mbak Amel. Terima kasih juga sudah ninggalin jejak disini, Tenang aja mbak. Nanti nggak tak pel kok. Hahaha.

      Like

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s