Seminar Nasional, Langkah K3 Menuju Tahap Internasional (Pengalaman Rangkaian Kegiatan IOSH Summit UNS – 5 Habis)

Diakhir postingan ada foto – foto unpublished. Silahkan dilihat, diraba, dan diterawang sekalian kalo bisa. Adakah foto kamu disitu? Cekidot! IMG_0267

Pagi Hari, Sabtu 24 Oktober 2015, Kami harus check out dari hotel. Takut menambah charge 1 hari, kami keluar tepat waktu . Beruntung pihak hotel masih memperbolehkan kami sarapan di Hotel walaupun sudah check out.

Sarapan di hotel sekaligus menunggu jemputan dari LO. Sebenarnya acara dimulai pukul 08.00, daripada kami menunggu lama di dalam ruang seminar lebih baik kami menunggu di lobby hotel sekaligus menikmati jam sibuk kota Solo.

IMG_0237   IMG_0248    IMG_0249

Jam delapan kurang jemputan datang. Kali ini bukan mas Danu ataupun LO yang lain menjemput. Entah siapa, tapi mobilnya adalah mobil biasa yang digunakan untuk menjemput kami.

Tiba di Ruang Seminar pukul delapan tepat. Masih sepi dan kosong, beberapa panitia masih sibuk mengurus acara, dan tim dari Universitas lain juga belum kelihatan. Kami bersedia menungu.

Beberapa peserta mulai datang, kursi – kursi kosong pun terisi. Terdengar lagu sambutan dari Retina Band (Maaf kalo salah) dengan lagu pertamanya Demons – Imagine Dragon. Dan tidak ketinggalan, Beberapa dosen kami juga hadir dalam acara in, Bu Eka, Bu ratih, Bu Iva dan Bu Ragil.

Serta yang hadir sebagai pembicara adalah :
1 Prof. Dr. Santoso, dr., MS., Sp.Ok.
(Ketua Pengembang Akademik D4 K3 & D3 Hiperkes & KK, Fakultas Kedokteran UNS)
2 Dr. Agus Triyono, S.Si., M.Kes.
(Kasubdit Pengembangan SDM K3 Direktorat Bina K3, Ditjen Pembinaan & Pengawasan Ketenagakerjaan & K3, Kemenaker RI)
3 Johannes Simanjuntak, S.KM., M.Kes.
(Head of OSHE & Risk Management PT. Cipta Kridatama)
4 Roslinormansyah Ridwan
(HSE Manajer PT. Halliburton Indonesia, Trainer & Konsultan HSE)

Sebagai pembuka, Panitia Indonesian OSH Summit 2015 mempersembahkan tari tradisional. Kemudian diikuti safety Induction dan sambutan – sambutan. Sambutan dari Kaprodi D4 K3 FK UNS, Bu Ipop Sjarifah yang sekaligus membuka acara.

          IMG_0262      IMG_0267

Diawali dengan Opening Speaker oleh Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah yang mempresentasikan karyanya yang berjudul … (Terlalu rumit untuk ditulis). Karena Juara 1 ini menggabungkan disiplin ilmu lain yaitu Kimia. Sehingga, judulnya pun lumayan Njlimet.

Pemaparan – pemaparan dari para pembicara kami ikuti dengan seksama, khidmat, khusyu’, tenang, rlieks hingga ketiduran. Pembicara yang berasal dari berbagai kalangan mulai dari akademisi, manajer, hingga utusan dari kemnaker ini menceritakan pengalaman dan membagikan ilmu beliau.

Intinya, K3 Indonesia sedang dipersiapkan menuju kancah internasional. Dimulai dari gerbang asia dengan program MEA itu sendiri. K3 harus berperan aktif dalam pengembangan ini, khususunya akademisi. Alangkah baiknya jika dibuka Prodi – Prodi K3 di Universitas lain.

Selesai paparan dari pra pembicara, berikutnya adalah pembagian hadiah kepada para pemenang lomba dari berbagai kategori. Tentu saja, Balya Husain sebagai juara 3 harus maju untuk menerima hadiah. Juara 3 mendapatkan uang pembinaan senilai 1.000.000 rupiah.

IMG_0287                  IMG_0281

Acara diakhiri dengan Surprise, Kejutan berupa dance dari panitia. Selain untuk merayakan berakhirnya kegiatan Indonesian OSH Summit 2015 juga utuk membangkitkan kembali semangat peserta yang sudah mlempem di jam – jam kritis. Bahkan, beberapa dari peserta diajak juga untuk menari bersama panitia. Dari kami? Azel yang jadi tokohnya.

IMG_0290        IMG_0292

Dan berakhirlah rangkaian resmi kegiatan IOSH Summit 2015 di UNS. Meskipun kami belum bosan dengan suasana kegiatan di sana, akan tetapi waktu yang harus mengakhiri. Kami beserta tim harus kembali ke Ponorogo untuk istirahat. Mengingat Kaprodi kami menginstruksikan untuk segera pulang.

Sembari menunggu pengantar yang akan mengantarkan kami ke Terminal Tirtonadi. Kami melaksanakan Sholat Ashar di Gedung dr. Prakosa. Setelah itu kami berniat langsung pulang, tak ingin sampai tengah malam di Ponorogo.

Sebelum pulang, Kami sempat mengambil beberapa foto sebagai kenang – kenangan. Setelah puas berfoto, jemputan juga tak kunjung datang.  Bahkan, LO (Tepatnya mbak Ranny) pun sampai merasa bersalah hingga mengucapkan maaf berkali – kali. Jangan – jangan, kita sengaja diperlama jemputanya agar tetap tinggal di Surakarta. Hahaha.

Demikian perjalanan kami dalam mengikuti rangkaian kegiatan Indonesian OSH Summit 2015. Tentu dengan penulisan pengalaman ini, saya berharap, banyak dari pembaca dapat mengambil pelaaran. Khusu untuk mahasiswa UNIDA, tulisan ini menjadi bisa menjadi stimulus kita untuk terus berprestasi. Tetap Semangat!

Nih Foto – Foto yang sebelumnya Unpublished, sekarang bukan Unpublised lagi.

20151022_223728 20151024_155847 20151024_160033 IMG_0030 IMG_0060 IMG_0111 IMG_0187 IMG_0222 IMG_0299 IMG_0307 IMG_0309  IMG_0328 IMG_0332 IMG_9880 IMG_9990

Advertisements

One thought on “Seminar Nasional, Langkah K3 Menuju Tahap Internasional (Pengalaman Rangkaian Kegiatan IOSH Summit UNS – 5 Habis)

  1. Pingback: Konferensi Malah Jadi Ajang Evaluasi (Pengalaman Rangkaian Kegiatan IOSH Summit UNS – 4) | FATHANAH

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s