Awas! Bahaya RIP Current di Pantai Wisata

Mendekati liburan akhir tahun, saya yakin setiap dari kita punya rencana untuk menghabiskan hari liburnya masing – masing. Entah hendak mendaki gunung, rekreasi, pantai, ataupun mungkin hendak menghabiskan waktu di kampus tercinta seperti saya. rip1

Sedikit info buat kalian yang akan berwisata ke pantai. Entah pantai manapun itu, Pantai Pelang, Pantai Prigi, Pantai Damas, ataupun Pantai Ngadipuro (yang ada di Trenggalek semuanya). Bahwasanya, berenang di Pantai tidak sepenuhnya aman, walaupun arusnya tenang. Salah satu yang harus di waspadai adalah R.I.P Current atau Arus Pecah di pantai.

rip graphic magriet

“Rip current merupakan arus balik yang terkonsentrasi pada sebuah jalur yang memecah zona hempasan gelombang hingga melewati zona gelombang pecah. Arus ini terbentuk jika gelombang datang dan menghempas garis pantai berbentuk cekungan. Pantulan gelombang yang mengenai pantai memunculkan sejumlah arus susur pantai yang kemudian bertemu dan memusat di tengah cekungan pantai.

Arus susur yang saling bertemu ini bergabung menimbulkan arus balik menuju tengah laut yang mengumpul pada suatu jalur arus hingga melewati zone gelombang pecah. Arus ini bergerak sangat kuat dengan kecepatan tinggi”

(Daryono, Pakar BMKG)

Karena sifatnya yang berbahaya, apalagi buat yang tidak bisa renang, maka, sebaiknya waspada dan berhati – hati ketika di pantai. Apalagi buat orang tua yang bawa anak kecil, sebaiknya jauhkan anak – anak dari bibir pantai.

Jika berada di pantai, sebagai orang tua maupun orang dewasa. Sebaiknya perhatikan kawasan pantai dan keadaan gelombang laut terlebih dahulu.  Pastikan bahwa ombak sedang tenang dan cuaca baik. Jangan bermain di pantai ketika tsunami.

Pastikan tidak ada sifat laut yang seperti ini, Ini adalah contoh arus pecah atau RIP Current di pantai. Jika menemui sifat arus yang seperti ini, Sebaiknya lapor kepada Beach Guard atau penyelamat terdekat. Arahkan semua orang agar tidak mendekati arus ini.

Apabila anda terjebak di RIP Current ini. Maka solusinya adalah :

  1. Tetap tenang, jangan panik. Jangan terlalu tenang juga sih.
  2. Berenanglah ke arah samping, Jangan melawan arus, jangan pula mengikuti arus.
  3. Usahakan tetap berada di atas permukaan air.

rip-poster_image

Jangan lupa agar selalu waspada ketika berwisata. Terkadang kita terlalu terlena dengan keadaan yang ada sehingga lupa mengawasi anak – anak di sekitar kita. Jangan sampai terjadi hal – hal yang tidak diinginkan ketika liburan. Selamat berwisata!

Referensi :

http://www.hipwee.com/travel/rip-current-atau-arus-pecah-bisa-menyeretmu-dari-pantai-ke-tengah-laut-inilah-cara-untuk-selamat-darinya/

Advertisements

One thought on “Awas! Bahaya RIP Current di Pantai Wisata

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s