Memahami Arti Ujian (#NgopiMingguMalem-6)

Ujian merupakan salah satu cara untuk menilai seseorang. Lembaga pendidikan memberikan ujian sekolah untuk menilai kemampuan anak didiknya, Negara memberikan Ujian Nasional untuk menilai kemampuan siswa di negaranya. Bahkan, Allah SWT memberikan hambanya ujian untuk menilai keimanan hambanya.

ujian-1

Hasil dari sebuah ujian dalam lingkup akademis sangat penting. Karenanya para guru dan murid sangat men-sakral-kan nilai ujian. Belajar tambahan pagi dan malam pun dilakoni. Try out dan les di beberapa lembaga kursus menjadi ramai. Buku – buku latihan ujian dikerjakan sampai hafal isinya. Sehingga, siswa dan siswi menganggap belajar selama ini tidak ada artinya kalau nilainya kecil.

Ketika SMP dulu, Saya adalah murid mutasi dari SMP Negeri di Surabaya ke Trenggalek. Saya pindah ketika memasuki kelas 3 SMP. Masuk dalam lingkungan baru mendekati ujian sebenarnya tidak masalah. Tapi dalam situasi tertentu, kejanggalan dalam ujian pasti ada. Contoh seperti yang saya alami.

timthumb.php

Bahasa Inggris adalah pelajaran yang sulit, Semua orang tahu itu. Termasuk saya yang menganggapnya sulit. Guru Bahasa Inggris kami dengan tekun mengajarkan kami bahasa inggris agar siap menghadapi ujian. Bakan beliau dengan senang hati memberikan kelas tambahan bagi yang membutuhkan.

Selama 6 bulan lebih, kami belajar bersungguh – sungguh untuk siap mengahadapi ujian. Hingga beberapa hari sebelum hari – H sebuah persitiwa terjadi.

Suatu hari, beliau (Guru. B.Ing saya), ketika jam pelajaran Bahasa Inggris. Memerintahkan beberapa anak untuk maju ke depan, sekitar 5 anak yang maju waktu itu. Mereka adalah anak – anak yang dianggap pintar di kelas. Salah satu yang dipanggil waktu itu adalah saya.

Dengan suara beliau yang serak waktu itu, Beliau memerintahkan kami untuk bersumpah. Bersumpah untuk membantu teman kami yang kesulitan ketika ujian di Hari – H alias memberikan contekan. Hanya karena waktu itu kami masih kelas 3 SMP, kami tidak melawan. Maka saya ikut bersumpah.

Dari cerita saya ini, saya hanya ingin menyampaikan pesan dari Gontor tentang ujian. Betul, Sangat betul. Ujian adalah saat semua hal diuji. Tidak hanya kemampuan akademis siswa. Tetapi semua hal, diuji. Pengawas diuji loyalitasnya, Guru diuji kepercayaannya, Panitia ujian diuji amanahnya, termasuk pula siswa yang diuji kejujurannya.

Ngopi-Malming-06

 

Advertisements

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s