Sekedar Pindah atau Sebenar Hijrah?

Ditemani para maba UNYu-UNYi. Saya merasa, seakan saya ini patriot tua yang sudah saatnya mati dan tidak cocok berada di kumpulan anak muda gaul nan kece ini. Mereka sering bertanya, pertanyaan yang sama terkadang. ‘Kenapa pindah?’

jihraj

Pertanyaan yang sama bisa menghasilkan jawaban yang berbeda, antara malas menjawab, ingin menunjukkan visi, atau sekedar biar cepat selesai obrolan menyakitkan ini. Jawaban kalau saya sedang malas menjawab : ‘Nggak cocok prodinya’, kalau sedang berambisi : ‘ingin memperbaiki pendidikan di Indonesia’, kalau sedang terburu-buru : ‘salah jurusan’.

Tapi dari hati paling dalam, ada keyakinan besar yang membuat saya pindah. Seorang teman pernah berkata, “Manusia itu Living Mission“. Intinya, kita manusia tercipta untuk misi yang berbeda-beda. Walaupun tidak semudah para Nabi dan Rasul dalam menemukan misinya tapi paling tidak kita hanya perlu keyakinan untuk menuju misi kita.

Meninggalkan 4 semester, seleksi jalur SBMPTN, menuju Universitas Negeri favorit bukanlah hal yang mudah. Bisa dibilang ini bukan sekedar pindah, tapi bagiku ini hijrah. Hijrah dari satu misi menuju misi lain. Oleh karena itu, untuk pertanyaan : Kenapa Pindah? inilah jawaban saya.

Pendidikan Indonesia dalam masalah. Jika ditanya masalahnya dimana? I Have No Idea. Yang jelas berita-berita tidak lelah memberitakan anak muda melakukan pelecehan seksual, hamil diluar nikah, Narkoba, Minuman keras, dan lain sebagainya.Sesuatu harus dirubah, dan Mahasiswa bukanlah orang yang menunggu perubahan, tapi mahasiswa adalah agen perubahan itu sendiri.

Hijrah untuk perubahan.

Salam Pendidikan.

Advertisements

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s