Menyoal Kepengurusan

Melihat aktifnya beberapa teman-teman mahasiswa yang berkecimpung di organisasi saya jadi ngiri. Karena punya pengalaman organisasi sebelumnya, seharusnya tidak sulit bagi saya punya kesibukan sampingan di organisasi. Tapi berhubung ini adalah tahun pertama saya ‘keluar’ pondok, maka beberapa hal harus diperhatikan terlebih dahuluvzaemodia.

Ngomong-ngomong soal organisasi, disini ada sebuah kepengurusan yang saya nantikan kiprahnya dan penampilannya. Bukan karena saya panitianya, tapi karena saya sekedar kenal sebagian panitianya. Dengan begini toh saya bisa amati apa tujuan mereka berorganisasi dan bagaimana ‘gaya’ mereka berorganisasi.

muslim-daily-life_hatefuel-690x431

Waktu di kampus dulu, saya sempat menemukan mereka yang berorganisasi untuk mencari nama, atau mungkin jabatan, atau mungkin ada juga yang berorganisasi untuk pacaran (ehm…). Walaupun perasaan itu tersembunyi dalam hati, tetapi perilaku itu muncul dan dapat diamati (Hehehe… Ini gunanya mata kuliah psikologi).

Kembali lagi kepengurusan yang saya nantikan ini, akhir-akhir ini mereka melakukan penggalangan dana untuk kepanitiaan mereka. Mulai dari jualan jajan di kampus, jualan bunga, dan lain sebagainya. Tapi ada beberapa hal yang harus saya nilai dan sebarkan.

Salah satu aktifitas mereka malam minggu kemarin adalah berjualan bunga. Mereka memanfaatkan ‘moment’ pacarannya muda-mudi untuk mengambil keuntungan. Walaupun tidak buruk dalam mengambil peluang, tapi secara tidak langsung mereka memfasilitasi pemuda-pemudi yang pacaran dengan berjualan bunga. Padahal sebagai muslim, tentu saja pacaran itu haram.

Dari sini, saya jadi ingat pesan-pesan ustadz soal budaya ‘luar’ yang berprinsip “melepaskan jubah agama”. Sehingga saya merasa bersalah meninggalkan kepengurusan ini kepada mereka yang awam (lebih baik dibilang kurang memiliki worldview keagamaan). Semoga selanjutnya, perjalanan kepengurusan dan kepanitaan sejalan dengan agama.

Balas

