Sebaik-baik Teman Duduk

خير جليس في الزمان كتاب

Perkataan ini sekedar pepatah arab, bukan ayat al-Qur’an, bukan pula hadits SAW. Saya juga tidak tahu siapa pengarangnya, hanya saja dipajang dan dipesankan berulang kali disetiap akan memasuki ujian di Gontor. “Sebaik-baiknya teman duduk sepanjang masa adalah buku” itu artinya.

Saya kurang tahu, kapan mahfudzot ini dibuat, pastinya tidak dibuat tahun 2005 an keatas. Karena kalau dibuat pada tahun-tahun ini, tentu akan berbunyi “Sebaik-baik teman duduk sepanjang masa adalah handphone, khususon android”. 

Ada satu hal yang sangat unik di mahfudzot ini, si pengarang dengan berani menyebutkan kata Fi az-Zaman yang artinya (berdasarkan pelajaran di pondok) yaitu sepanjang zaman. Seolah yakin betul kalau teori tentang “Sebaik-baik teman duduk” selamanya tidak akan tergantikan oleh pacar, handphone, laptop, kucing dsb. (Walaupun berlebihan kalau disebut teori)

Sempat suatu waktu, sembari menunggu santri Bahasa Arab di LPIM saya membaca sebuah buku. (LPIM, Lembaga Pendidikan Islam Mujahidin milik UNY, menjadi pengajar Bahasa Arab disana). Beberapa santri yang sudah berdatangan, bukannya malah menghafal mufrodat tapi beberapa malah bermain gadget.

Maka sebelum memulai pelajaran, saya pamer sedikit tentang keadaan santri-santri ketika Ujian di Gontor (Gak papa kan pamer, Yahanu Mode : ON). Kurang lebih seperti ini, “Santri di Gontor itu, kalau mau Ujian, buku dibawa kemana-mana. Nggak cuma dibawa tapi juga dibaca. Antri makan, baca buku. Antri mandi, baca buku. Bahkan cuma sekedar jalan dari kamar ke masjid aja sambil baca buku. Bacanya nggak cuma diem dalam hati, tapi sambil komat-kamit.” Dan memang fakta, tidak melebih-lebihkan.

55296acd6ea83494238b4567

Saya tidak ingin membandingkan dengan santri Gontor dengan keadaan mahasiswa kita ketika ujian, yang jelas berbeda. (kita? Mahasiswa Indonesia) Tetapi, walaupun bukan masa ujian, agaknya membaca buku bagi pelajar maupun mahasiswa merupakan keharusan. Tidak harus ke Perpustakaan saya rasa, tidak harus pula membeli buku mahal-mahal, bahkan mulai dengan membaca status orang ataupun blog melalui HP pun saya rasa juga tidak masalah. (Ingat, membaca, bukan sekedar like, komentar sok pintar dan lain sebagainya)

Saya ingin pula mendukung minat baca masyarakat, termasuk teman-teman saya, khususnya yang tinggal disekitaran Yogyakarta. Insya Allah, secepatnya akan saya buat katalog koleksi buku saya, sehingga antum bisa meminjam buku saya. Koleksi saya tidak banyak, bahkan bisa dibilang sedikit. Tetapi justru yang sedikit ini saya harap sudah mulai bisa bermanfaat. Betul?

Insya Allah Katalog akan siap pada 10 Juli 2017 : alamatnya di https://maktabahilm.wordpress.com/2017/07/05/katalogkoleksihd.

 

 

Balas

